08 April 2010

BELAJAR BAHASA RUSIA #3


komik lama - rusia
Poster Film - Rusia
 Pertama kali belajar Bahasa ini, saya coba untuk mempelajari hurufnya, karena saya pikir akan mempermudah untuk mempelajari Bahasa Rusia ini secara keseluruhan.

Tetapi lama kelamaan terasa jenuh pula jika setiap hari hanya mencoba menghafalkan tiap-tiap hurufnya tanpa sedikitpun mempelajari bahasanya. Meski huruf Kiril ini adalah bagian dari pada Bahasa Rusia itu sendiri, tetap saja bagi sebagian orang akan terasa sulit untuk langsung memahami cara membaca dengan huruf Kiril tersebut.

Untuk itu saya coba saja langsung belajar beberapa frase dasar Bahasa Rusia dari salah satu website berbahasa Inggris dan Rusia yang isinya adalah cara-cara mempelajari Bahasa Rusia, baik bahasanya, sastranya, dan lain sebagainya (yang berhubungan dengan Rusia).

Adapun frase-frase dasar Bahasa Rusia itu adalah sebagai berikut.

Спасибо - Spasibo ("spa-si-ba") - Terima Kasih

Пожалуйста - Pozhaluysta ("pa-zhal-sta") - Sama-sama / Silakan

Да - da ("da") - Ya

Нет - nyet ("nyet") - Tidak

Здравствуйте - zdravstvuytye ("zdra-stvuy-cye”) - Halo

Привет - privyet ("pri-vyet") - Hai

Меня зовут ... - menya zovut ("min-ya za-vut") - Nama saya ...

Как вас зовут? - kak vas zovut ("kak vas za-vut") - Siapa nama anda?

Очень приятно - ochen priyatno ("och-en pri-yat-na") - Senang bertemu dengan anda

Как дела? - kak dyela ("kak jye-la") - Apa kabar?

Хорошо, спасибо - khorosho, spasibo ("Kha-ra-sho, spa-si-ba") - Baik, terima kasih

Плохо - plokho ("Plo-ha") - Buruk

До свидания - do svidaniya ("da-svi-da-ni-ya") - Selamat tinggal

Пока - poka ("pa-ka") - Selamat tinggal (informal)



Keterangan:

Bahasa Rusia dengan huruf Kiril - translate latin (cara baca) - artinya dalam bahasa Indonesia

Mohon maaf jika frasenya terlalu sedikit, jika Anda tahu frase lainnya, silahkan tambahkan pada isian komentar di bawah.




Keterangan:
Tulisan ini saya ambil dari blog saya yang lain di http://ahdoy19.wordpress.com

14 komentar:

Anonim mengatakan...

apa bahasa Rusia itu gramarnya sama sama Inggris?

Ahdoy19 mengatakan...

@Anonim: Oy... Sangat berbeda. Bahasa Rusia punya 6 kasus dalam grammatikanya. Kasus yang dimaksudkan dalam hal ini adalah, kata kerja atau kata bendanya bisa berubah sesuai dengan subjek atau konteks yang berbeda sesuai dengan kebutuhannya. Bahasa Rusia juga punya "rod" atau lebih dikenal sebagai kelamin kata benda seperti maskulin, netral, dan feminin (hal semacam ini ada juga pada bahasa Jerman, Perancis, Spanyol, dll).

Contoh kasus, kalau kita mau bilang; "Itu buku kamu", "Saya membaca buku", dan "kamu membaca buku" dalam bahasa Bahasa Rusia itu ditulis sebagai "этo твоя книга", "я читаю книгу", "Ты читаешь книгу". Perhatikan bahwa kata buku yang awalnya ditulis sebagai "книга" akan menjadi "книгу" jika ada kata kerja sebelumnya. Dan kata kerja "читать" akan menjadi "читаю" jika subjeknya "я" atau "saya", dan berubah jadi "читаешь" jika subjeknya "Ты" atau "kamu". Ini yang maksud dengan kasus itu. Penjelasan kecil ini baru mencakup dua kasus, yaitu kasus pertama dan kasus keempat. Kalau ingin tahu lebih lanjut, akan lebih menyenangkan lagi memelajari bahasa Rusia, karena bahasa ini sangat unik dan lebih terasa menantang dalam memelajarinya ;)

LINDA ROSIYANI mengatakan...

aku mau dong belajar bahasa rusia, bisa bantu aku ga? mulai dari hurufnya aku ga ngerti, cara bacanya juga

Christaian mengatakan...

Tiap benda ada jenis kelaminnya juga?? hehe.. macem bhs Prancis gtu. Menarik bgt..!! Pngen coba belajar sndiri ahh... Menantang nih kayaknya. Thanks buat ulasan bhs Rusianya!!

Anonim mengatakan...

namaku daud m rocky di kota yogya
aku sangaaaaaaaaattttt!! ingin bisa mahir berbahasa rusia tolong dong bantu saya saya sangat menghargaimu kawan kirim step2 belajarnya ke e-mail ku ya: daudrocky@yahoo.com TERIMA KASIH sobat

Anonim mengatakan...

tolong kirim ke e-mail saya dong bagaimana step2 dan tuntunan belajar bahasa rusia ini hai teman yang baik ni e-mail ku daudrocky@yahoo.com trims yah Tuhan membalas kebaikanmu

StarGaze Whirling String mengatakan...

Saya juga lagi nyambil belajar bahasa rusia nih...
Katanya tiap benda trbagi jd tiga jenis gender, wanita, laki-laki, dan netral...maksudnya si subjek (kita nyang ngomong) atau si bendanya sih? :-o

Ahdoy19 mengatakan...

Bendanya om :]

Anonim mengatakan...

kalau diwikipedia...kalau tu orang berasal dr rusia...biasanya ad namanya dgn huruf rusia...apakah penulisannya selalu benar tu???

satria mengatakan...

TOLONG FRASE YANG LAIN DONG BOSS LG PERLU NIHH

anonim mengatakan...

ribet.....tapi SERU!!!

Anonim mengatakan...

gilee theme song nya katyusha love this song comrade!

Anonim mengatakan...

bahasa-bahasa eropa timur emang bikin mata muter,,
susah banget apal nya,
tapi pasti menyenangkan belajar bahasa rusia

Harjun Yanuar mengatakan...

bingung pengen belajar bahasa yg mana. -jepang, jerman, apa russia- semuanya menarik.
Makasih buat infonya di sini, sangat bermanfaat

Poskan Komentar

Tes Pesan Formulir Komentar